Wednesday, June 11, 2014

Beberapa Tujuan City Tour Madinah



Masjid Quba

City tour pertama di Madinah, kita mengunjungi Masjid Quba. Masjid ini salah masjid pertama dalam Islam yang mempunyai makna yang penting sehingga disebut dalam Al-Qur'an.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa masjid Quba adalah mesjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108).

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Quba





و حَدَّثَنَاه ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْتِي قُبَاءً يَعْنِي كُلَّ سَبْتٍ كَانَ يَأْتِيهِ رَاكِبًا وَمَاشِيًا قَالَ ابْنُ دِينَارٍ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يَفْعَلُهُ و حَدَّثَنِيهِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ هَاشِمٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ ابْنِ دِينَارٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَلَمْ يَذْكُرْ كُلَّ سَبْتٍ

mendatangi masjid Quba` dgn berkendaraan atau berjalan kaki. Ibnu Dinar berkata; Ibnu Umar juga senantiasa melakukannya. Dan telah menceritakannya kepadaku Abdullah bin Hasyim telah menceritakan kepada kami Waki' dari Sufyan dari Ibnu Dinar dgn isnad ini, & ia tak menyebutkan; Pada setiap hari Sabtu. [HR. Muslim No.2484].

Kebun Kurma

Tidak jauh dari Masjid Quba, terdapat kebun kurma. Tergantung dari waktu jamaah mengunjungi kebun, apakah sedang musim berbuah atau tidak. Kita dapat melihat pohon-pohon kurma di dalam kebun.



Ada toko dekat parkiran bus yang menjual berbagai macam jenis kurma dan kacang-kacangan. Dari harganya tampaknya agak sedikit lebih mahal. Tidak mengapa jika kita mau berbelanja sedikit-sedikit agar tahu macam-macam jenis kurma dan kacang. Umumnya semua kurma dan kacang yang tersedia secara curah dapat dicicipi gratis.

Jabal Uhud

Jabal Uhud, termasuk salah satu bukit yang sangat memiliki nilai sejarah penting dalam sejarah Islam. Di bukit ini, terjadi peperangan yang sangat memilukan dalam sejarah Islam. Pasukan kaum Muslimin yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW, bertempur habis-habisan dengan kaum musyrikin Kota Makkah.

Kisah pilu ini, digambarkan oleh Rasul dengan menyebut bukit ini sebagai bukit yang nantinya akan bisa dilihat di Surga. Jadi, umat Islam yang kini akan melaksanakan ibadah haji dan menyempatkan diri untuk berziarah ke Bukit Uhud, insya Allah saat berada di Surga juga akan menyaksikan kembali bukit ini.
Sumber : http://www.republika.co.id/berita/ensiklopedia-islam/islam-digest/10/10/22/141643-kulihat-jabal-uhud-di-surga


Jabal Magnet
Ada fenomena yang cukup jarang ada di dunia adalah kelainan arah gravitasi. Umumnya gravitasi menarik semua benda ke bawah, ke arah dalam bumi. Namun di beberapa daerah kita dapat jumpai kelainan ini, arah gravitasi ke samping sehingga benda yang dapat menggelinding agak tertarik ke arah samping bahkan ke arah atas tergantung arah permukaan.
Paling mudah adalah bus kita sendiri dalam keadaan gigi netral, tanpa injak gas akan bergerak sendiri dan akan semakin cepat.

Ada juga orang-orang dipinggir jalan yang mencobanya dengan botol berisi air atau kaleng minuman berisi yang diletakkan di jalan yang rata. Botol atau kaleng ini akan bergerak sendiri kearah tertentu.

Ada satu penjual es-krim yang biasa berjualan di bukit ini menggunakan mobil khusus penjual es-krim.




Percetakan Mushaf Al-Qur'an
Di percetakan mushaf Al-Qur'an ini khusus untuk para laki-laki / bapak-bapak dapat melihat ke dalam sedangkan untuk perempuan / ibu-ibu dapat mengunjungi toko dan dapat membeli mushaf Al-Qur'an dalam berbagai ukuran.



Untuk bapak-bapak yang masuk ke dalam percetakan akan diterangkan mengenai jumlah mushaf yang dicetak dan ke mana saja mushaf ini dibagikan. Setelah selesai bapak-bapak keluar dan mendapatkan pembagian mushaf Al-Qur'an gratis satu orang satu dengan ukuran yang disediakan oleh petugas saat itu.

No comments: