Tuesday, June 03, 2014

Kedatangan di Terminal Umroh dan Haji Bandara King Abdul Aziz di Jeddah

Turun dari pesawat

Ingat bahwa passport yang biasanya sudah disertakan juga itenari tiket kepulangan dan kartu vaksinasi ada di tangan jamaah. Periksa kembali kelengkapannya. Cek semua koper kabin dan tas jinjing lainnya juga telah dibawa turun.



Imigrasi

Untuk proses imigrasi tergantung pada situasi, kondisi dan petugas imigrasi saat itu. Kadang kala bisa cepat kadang kal bisa sangat lama.
Juga prosedur sering berubah, suatu saat antrian laki-laki dipisahkan dengan antrian wanita, kadang dijadikan satu antrian. Kadang masalah mahram dipertanyakan, kadang pula tidak.
Bagi yang belum pernah discan sidik jari dan difoto di imigrasi Saudi maka akan di-scan sidik jari dan difoto wajah.


Pengambilan koper

Biasanya koper telah diturunkan dari conveyor-belt . Temukan semua koper untuk masing-masing jamaah. Setelah itu tergantung dari pengaturan travel masing-masing, koper mungkin akan diangkut porter ke tempat tunggu bus.


Naik bus

Cek kembali apakah semua koper jamaah ada di tempat tunggu bus. Jika bus telah datang sebaiknya naik ke dalam bus diatur satu-per-satu bus dan koper telah dibawa ke bus masing-masing.
Jamaah diharap mengingat nomor bus karena selama dalam perjalanan umroh ini biasanya masing-masing jamaah sudah ditetapkan berdasarkan nomor busnya. Hal ini penting setiap saat dalam perjalanan, baik dari Jedah ke Mekkah atau ke Madinah atau saat city-tour.

No comments: