Wednesday, June 04, 2014

Masuk ke Masjid Al-Haram Mekkah

Meeting point

Setelah urusan di hotel, terutama masalah kunci kamar, telah selesai. Pada waktu yang telah ditentukan, jamaah berkumpul biasanya di lobby hotel untuk segera melaksanakan umroh. Setelah semua jamaah yang dapat berangkat umroh telah berkumpul, pimpinan kelompok atau ustadz akan memberi pengarahan dan memimpin jamaah menuju Masjid Al-Haram.

Sebelum masuk ke dalam Masjid, tentukan dahulu meeting-point jika nanti telah selesai umroh atau jika ada yang tersesat. Perhatikan nomor pintu masuk ke Masjid.

Pengenalan medan

Setelah masuk ke dalam Masjid, jamaah diharapkan dapat mengenali keadaan dan situasi. Pergerakan kelompok jamaah bergerak perlahan, perhatikan jalan yang dilalui dan sekali-kali melihat ke belakang agar mengetahui situasi jalan kembali.

Biasanya dilaksanakan sholat berjamaah, tergantung waktu saat itu. Apakah Maghrib & Isya jama' qashar atau Zhuhur & Azhar jama' qashar atau Shubuh.

Sebaiknya sebelum melaksanakan tawaf dan sa'i, kenali dahulu tempat-tempat dan tanda-tanda di dalam masjid. Di mana lampu hijau dan posisi Hajar Aswad, pintu Ka'bah, Multazam, Maqam Ibrahim, tempat mengambil air zam-zam, jalan menuju tempat sa'i atau letak Bukit Shafa dan Bukit Marwa.



No comments: